Iklan

Banner 728x90px

121 Kader Pemuda Pancasila Jawa Barat terpilih menjadi Legislatif 2024-2009





Sebanyak 121 orang kader Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Jawa Barat, yang lolos ke parlemen pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Hal ini berdasar pada surat dari Desk Pemilu Pemuda Pancasila (PP) Wilayah Jawa Barat (Jabar) Nomor: 006/Desk Pemilu/MPW-PP/JBR/IV/2024, tanggal 24 April 2024, yang ditandatangani oleh Ketua Desk Pemilu Jabar, Choky Sultan Kayo dan Sekretaris Dedi Junaedi WS, yang disampaikan kepada Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat H. Dian Rahadian, SH, MH.

Mereka yang lolos tersebar di berbagai partai politik (parpol), baik itu di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi Jabar maupun DPR RI. "Inilah bukti jika Pemuda Pancasila tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana", terang Dian Rahadian.

Ketua MPW menambahkan jika dengan adanya kader Pemuda Pancasila Jawa Barat yang duduk di legislatif tersebut, mampu menjembatani aspirasi masyarakat yang sangat heterogen, sehingga keberadaan kader-kader tersebut mampu meminimalisir stigma negatif tentang Pemuda Pancasila itu sendiri.

Jumlah tersebut dengan rincian, 6 kader PP lolos ke Senayan sebagai Anggota DPR RI, 10 kader lolos sebagai dewan pada DPRD Provinsi Jabar, dan juga 105 orang kader lolos sebagai anggota dewan pada DPRD Kabupaten/kota.

Berikut jumlah kader Ormas PP yang berhasil lolos dalam Kontestasi Pileg 2024 pada tiap-tiap Majelis Permusyawaratan Cabang (MPC) :
  1. MPC Kab. Cianjur, 4 kader DPRD Kab. Cianjur
  2. MPC Kab. Ciamis, 2 kader DPRD Jabar, 6 kader DPRD Kab. Ciamis
  3. MPC Kab. Tasikmalaya, 5 kader DPRD Kab. Tasikmalaya
  4. MPC Kota Bandung, 2 kader DPRD Kota Bandung
  5. MPC Kota Cirebon, 7 kader DPRD Kota Cirebon
  6. MPC Kota Tasikmalaya, 1 kader DPRD Kota Tasikmalaya
  7. MPC Kab. Indramayu, 1 kader DPR RI, 2 Kader DPRD Jabar, 1 kader DPRD Kab. Indramayu
  8. MPC Kota Banjar, 10 kader DPRD Kota Banjar
  9. MPC Kab. Purwakarta, 1 kader DPRD Jabar, 6 Kader DPRD Kab. Purwakarta
  10. MPC Kab. Kuningan, 5 kader DPRD
  11. MPC Kab. Subang, 2 kader DPRD
  12. MPC Kota Sukabumi, 6 kader DPRD
  13. MPC Kab. Karawang, 1 kader DPR RI, 1 kader DPRD Jabar, 1 kader DPRD Kab. Karawang
  14. MPC Kab. Garut, 1 kader DPR RI, 1 kader DPRD Jabar, 4 kader DPRD Kab. Garut
  15. MPC Kab. Bandung, 1 kader DPR RI, 2 kader DPRD Kab. Bandung
  16. MPC Kab. Sukabumi, 1 kader DPR RI, 10 kader DPRD Kab. Sukabumi
  17. MPC Kab. Bekasi, 1 DPRD Jabar, 5 DPRD Kab. Bekasi
  18. MPC Kab. Bogor, 8 kader DPRD Kab. Bogor
  19. MPC Kab. Pangandaran, 2 kader DPRD Kab. Pangandaran
  20. MPC Kota Cimahi, 2 kader DPRD Kota Cimahi
  21. MPC Kota Bekasi, 1 kader DPR RI, 1 kader DPRD Provinsi, 2 kader DPRD Kota Bekasi
  22. MPC Kab. Bandung Barat, 1 kader DPRD Jabar, 4 kader DPRD Kab. Bandung Barat
  23. MPC Kab. Sumedang, 3 kader DPRD Kab. Sumedang
  24. MPC Kota Depok, 2 kader DPRD Kota Depok
  25. MPC Kota Bogor, 4 kader DPRD Bogor.

Beberapa orang kader MPW PP Jabar yang lolos, terdapat sejumlah nama-nama beken di tingkat wilayah Jabar, bahkan dikenal pada tingkat nasional.

Misalnya, Ketua MPC PP Indramayu, Daniel Mutaqin Syafiuddin putra Bapak Yance mantan bupati Indramayu 2 periode merupakan politikus Partai Golkar dan sudah menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2014, juga pernah mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Indramayu, kini terpilih lagi untuk yang ketiga kalinya.

Juga, Ketua MPC PP Kabupaten Bandung, Asep Romy Romaya dari PKB yang lolos ke Senayan, merupakan saudara kandung dari Bupati Kab. Bandung, Dadang Supriatna.

Lalu, Ketua Dewan Pakar MPC PP Kabupaten Karawang, Cellica Nurachadiana dari Partai Demokrat, yang merupakan seorang mantan Bupati Karawang dua periode 2016–2020 dan 2021–2023. Bahkan sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Karawang periode 2010–2015 dan dinobatkan sebagai Wakil Bupati termuda se-Indonesia saat itu, kini lolos ke DPR RI.

Ketua Dewan Pakar MPC Kab. Sukabumi, Dewi Asmara adalah politikus Partai Golkar yang menjabat sebagai anggota DPR-RI yang kelima kalinya, beliau telah empat periode menjadi anggota DPR RI (2004–2009, 2009–2014, 2014–2019, dan 2019–2024).

Dari Kabupaten Garut ada MPO MPC PP, Ade Ginanjar kini terpilih menjadi anggota DPR RI, setelah sebelumnya merupakan anggota DPRD Jabar.

Bahkan, Ketua MPO MPC PP Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dari Partai Golkar yang merupakan mantan istri Dedi Mulyadi, lolos ke DPRD Jabar, adalah mantan Bupati Purwakarta periode 2018-2023. Anne adalah bupati wanita pertama di Kab. Purwakarta.

Ada Ketua MPO MPC PP Kota Cimahi, Ali Hasan yang merupakan politikus senior Partai Golkar, yang sudah 25 tahun atau 5 periode sejak dimulainya Pemilihan Umum secara langsung tahun 1999, menjadi anggota DPRD Provinsi Jabar, kini menjadi anggota DPRD Kota Cimahi.(eri)

2 komentar:

  1. Semoga sudah duduk ada peran serta dan kontribusi tentu tidak lupa kepada pemuda pancasila,

    BalasHapus
  2. Biasanya sebelum terpilih dan ketika dalam masa kampanye habis²an menggunakan Bendera pemuda pancasila, lalu setelah duduk menjadi anggota dewan mereka otomatis menjadi AMNESIA kepada organisasi Pemuda Pancasila yg telah bantu mendukungnya.

    BalasHapus