Iklan

Banner 728x90px

GOES TO PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS



Masih dalam rangkaian Safari Konsolidasi Organisasi MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat ke tiap MPC se-Jawa Barat, yang dalam agendanya selalu dilaksanakan silaturahmi ke Pondok Pesantren di Kabupaten/Kota tersebut. Dimana kali ini salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Ciamis yaitu Pesantren Darussalam Ciamis menjadi lokasi yang di kunjungi oleh ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat beserta rombongannya.

Pondok Psantren Darussalam Ciamis terletak di Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, yang telah mendirikan sebuah Institut Agama Islan Darussalam yang dalam tingkatan pendidikan, sebagai putra sulung Pesantren Darussalam, dimana dalam perkembangannya meningkat dari tahun ke tahun. Sampai tahun 2011 memiliki 3 program studi (prodi) dan 1 prodi pada Program Pascasarjana. Tahun 2012 ditambah menjadi 2 prodi, yaitu Ekonomi Syari'ah dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Sampai dengan tahun 2016, IAID memiliki 6 prodi dan 1 prodi pada Program Pascasarjana. Semua program studi telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Menurut salah satu pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Ciamis K.H. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA., M.Ag Para dosen dan tenaga kependidikan di Pontren ini memiliki sejumlah prestasi dalam bidang akademik, nonakademik, dan kepemimpinan publik.


"Secara akademik, prestasi para dosen berupa memenangkan kompetisi. dalam penelitian dan pengabdian yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, UIN Bandung, dan CRCS UGM. Dalam bidang nonakademik dan kepemimpinan publik, paradosen kepemimpinan publik berpengaruh seperti Ketua FKUB, Ketua DewanPakar, Wakil Ketua ICMI, dan MUI di Tingkat Kabupaten Ciamis", Jelas Wakil Pengasuh Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia ini.

Selain prestasi para dosen, ternyata Prestasi Mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam inipun sangat luar biasa. Pada kurun waktu 2010-2015 menembus tingkat nasional, yaitu 3 Juara Tingkat Nasional (Juara Nasional Debat Hukum Keluarga tahun 2014, Juara 3 Lomba MQK antar Universitas,Finalis Aksi Indosiar), dan 14 juara di tingkat regional.

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa, kepada Ketua dan Jajaran Pemuda Pancasila Jawa Barat ini, yang memiliki agenda wajib bersilatutahmi ke tiap pondok pesantren di Jawa Barat. Karena hal ini merupakan kekuatan terbesar bagi bangsa, dimana ormas dan para ulama dan santrinya bersinergi seperti ini", Jelas Kang Iyep sapaan akrab Fadlil Yani Ainusyamsi ini.

Apalagi sebentar lagi seluruh umat muslim akan menghadapi bulan suci Ramadhan, yang diharapkan keberadaan ormas dan pesantren mampu melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.


Ketua MPW H. Dian Rahadian, S.H, M.H menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pimpinan Pondok Pesantren yang telah berkenan menerima kunjungan silaturahmi tersebut, dan banyak memberikan nasehat dan bimbingan dalam memimpin ormas ini.

"Kami harap pak kiyai dan para alim ulama yang ada di pesantren ini khususnya, bisa menjalin kolaborasi aktif dengan kami, khususnya dengan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Ciamis. Sehingga program-program kami memiliki nilai manfaat yang tinggi dibanding mudharatnya",Ucap Dian

Apalagi melihat kapasitas SDM para dosen dan mahasiswanya yang luar biasa, manambah spirit bagi Pemuda Pancasila untuk mampu mencetak kader terbaik bagi bangsa dan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar